September 7, 2019

Audio putus-putus saat memutar musik

Audio Putus-putus saat memutar Musik

Masalah terputus-putusnya audio saat memutar musik bisa disebabkan adanya beberapa faktor :

1. Adanya aplikasi yang berjalan dibelakang seperti antivirus dengan versi lebih tinggi dari standar minimum hardware dan mengaktifkan semua fitur didalamnya.

2. Harddisk agak bermasalah.

3. Anda memainkan musik secara online.

Jika anda punya program grafis seperti corel atau photoshop, coba jalankan apakah loading lambat saat save atau membuka file ? Jika lambat ketiga faktor tersebut perlu dibuktikan. Masalah tersebut sebenarnya datangnya dari sebuah forum yang mengeluhkan hal itu.

Untuk menyelesaikanpermasalahan tersebut, coba lakukan pengecekan satu persatu :
1. Cek harddisk anda dengan melakukan scan atau dapat juga dengan menggunakan diskcleanup. Kita juga dapat melakukan maintenance system windows dengan membersihkan file yang tidak perlu di dalam folder temporary. Ketik %temp% pada windows explorer anda, dan bersihkan file di dalam folder tersebut

2. Untuk masalah audio / musik yang diputar secara online, masalahnya hanya dapat diselesaikan / tergantung dari koneksi internet anda.

3. Setelah beberapa jam kemudian penanya mengatakan bahwa setelah antivirus yang dia miliki di uninstall, masalah putus-putus audio yang dihasilkan menjadi normal.

Dari kondisi ini artinya ada masalah dalam hal antivirus. Sebenarnya antivirus yang diuninstall itu dan soundcard menjadi normal, bukan karena antivirusnya. Tetapi masalahnya ada pada option / pengaturan antivirus akan melakukan scanning secara realtime. Dan disini, mungkin karena user terlalu banyak program yang di install sehingga antivirus pun akan melakukan scan secara lebih berat.

Ada baiknya kita tetap menggunakan antivirus dengan jenis lain. Karena bisa jadi antivirus yang di install sebelumnya kurang cocok dengan system dan hardware kita. Gunakan antivirus yang lebih ringan tetapi mampu menjaga serangan virus seperti Eset Internet Security , Malwarebytes atau Smadav dengan versi premium dan bukan gratis.

0 Comments