September 5, 2019

Bagaimana Cara share printer di Windows

Pada dasarnya setiap file dokumen yang telah anda buat bertujuan sebagai dokumen pribadi atau memang file kerja yang anda buat untuk dapat dicetak pada sebuah printer. Printer sebagai salah satu sarana yang merubah softcopy menjadi hardcopy. Jika anda menggunakan printer hanya untuk kepentingan pribadi atau hanya dipergunakan untuk satu unit komputer, anda dapat skip untuk meneruskan membaca artikel ini. Tetapi bila anda ingin mempelajari bagaimana cara membagi (share) sebuah printer agar dapat digunakan banyak user maka ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan anda pelajari.

Cara share printer untuk beberapa user :

1. Menggunakan router sebagai media perantara masing-masing Komputer. Alat yang diperlukan adalah sebuah router dan jenis koneksi

2. Mengaktifkan Share Printer melalui Properties Printer


Cara Share Printer di Jaringan

3. Menginstall driver dengan versi OS lain pada komputer yang terpasang printer telah menginstall driver os untuk komputer lain. Maksudnya adalah jika terdapat dua komputer dengan os yg berbeda. Misalnya komputer (pertama) yang terpasang printer menggunakan windows 10 dan komputer lain (kedua) terpasang windows 7, maka komputer pertama sebaiknya dipilih juga os windows 7 pada bagian printer sharenya. Tujuannya adalah agar saat komputer kedua menghubungkan komputer ke printer yang terpasang di komputer pertama dapat langsung terinstall. Jika komputer pertama os / system windowsnya lebih rendah, maka cara lain adalah komputer kedua menggunakan install dengan jenis port file. Setelah printer di share, ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh komputer kedua yaitu untuk clean head.

Clean Head berfungsi untuk memperbaiki hasil cetak dari printer yang tidak menghasilkan huruf secara sempurna. Anda dapat masuk ke bagian maintenance untuk membersihkan head printer.

0 Comments